Lensbong Lensa Macro Untuk Ponsel

Lensa Macro untul ponsel/hp



Untuk pecinta fotografi ponsel khususnya pecinta macro kata Lensbong mungkin tidak asing lagi
tapi bagi anda yang pertama kali mendengar kalimat ini pasti anda akan bingung apa itu lensbong apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakanya

Apa itu lensbong ?


Lensbong adalah kependekan dari lensa bongkaran. Dimana lensa yang di ambil adalah dari membongkar suatu benda yang memiliki lensa. 




Benda itu sendiri biasanya adalah kamera roll (kamera jadul yang masih menggunakan film), kamera digital, teropong/ binokular, okuler / lensa untuk mikroskop, telezoom untuk handphone, lensa-lensa untuk DSLR/SLR(lensa kit, tele, fix dll), lensa laser point, optik dvd player, handycam, door pipping hole (lensa untuk di pintu yg biasa buat melihat orang/tamu diluar) dan lain-lain
Untuk kualitas dan karakternya sendiri berbeda-beda, tergantung bahan dan ketebalan lensanya. Disarankan  mencari lensa yang berbahan kaca dan memiliki lapisan coating (biasa lensanya berwarna semi biru, ungu, dll)

Lalu apa kegunaan lensbong ?


Lensbong berfungsi untuk lensa tambahan Ponsel yang berguna untuk mengambil foto macro ( objek kecil )
Karna jika tidak menggunakan Lensa tambahan Ponsel tidak akan mampu mengambil foto dengan objek yang sangat kecil di karenakan lensa dan sensor ponsel tidaklah medukung untuk itu.

Bagaimana menggunakan Lensbong ?





Sebenarnya sangatlah mudah, kita tinggal menyiapkan isolasi double tape untuk menempelkan lensbong tersebut di lensa kamera hp, cukup rekatkan isolasi ke lensa bongkaran. Setelah rata dan tidak menutupi lensa, direkatkan ke bagian belakang lensa handphone, atur posisi supaya tidak menimbulkan efek vignet ( Lingkaran hitam ).

Anda bisa juga menggunakan tali plastik yang biasanya di gunakan untuk mengikat kabel, dan karet
Caranya mudah cukup ikat karet dengan tali plastik di sisi lensa
Jika dirasa sudah pas, kamera handphone siap digunakan untuk hunting

Jika sobat tertarik untuk menggunakan lensbong dan kamera ponsel, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan.

  1. Getaran, karena menggunakan lensa tambahan, kamera ponsel menjadi lebih peka getaran, sedikit bergetar atau bergeser, titik fokus akan berubah yang dapat mempengaruhi hasil jepretan.
  2. Jika di kamera ponsel sobat ada pengaturan “infinity” maka gunakan mode itu. Dengan pilihan itu, kita tidak akan direpotkan dengan fokus kamera yang hanya di titik tengah atau bahkan berpindah-pindah. Dengan pilihan itu, kita tinggal memajukan atau memundurkan handphone sampai mendapatkan titik tertajamnya
  3. Pencahayaan. Usahakan pada saat melakukan pengambilan gambar sobat mendapatkan cahaya yang cukup untuk menghasilkan foto yang optimal dan lebih tajam.
  4. Jika anda ingin meganbil objek hewan sebaiknya anda melakukanya di pagi hari. kerna hewan di pagi hari belum terlalu angresif seperti di siang hari


Hasil foto ponsel yang menggunakan Lensbong





Atau kunjungi grup fotografi ponsel macro





Related Posts

Previous
Next Post »