Cara membuat Background Foto Blur

Membuat Background Foto Blur menggunakan Hp/Ponsel

Fotografi Ponsel


Membuat Foto Background Blur sangatlah mudah dilakukan dengan menggunakan kamera. Kalian bisa memiliki foto seperti pada model-model yang terkenal di majalah, TV atau internet dengan latar belakang blur. 
Kamera apapun bisa asal mempunyai pengaturan focus baik itu manual atau otomatis tergantung dari anda apakah bisa melakukannya. Memiliki foto yang berbackground blur memang seperti mempunyai kebanggaan tersendiri. Perlu diketahui penamaan gambar yang berlatar belakang blur disebut "Bokeh". Apa itu bokeh?. Kata bokeh berasal dari bahasa Jepang yang berarti "Menjadi kabur". Maka dari itu bokeh digunakan sebagai istilah dalam fotografi jika membidik objek yang berlatar belakang blur.


Pada dasarnya semua kamera bisa membuat foto dengan berbackground blur karena setiap kamera mempunyai lubang diafragma untuk cahaya yang masuk ke sensor kamera. Tergantung besar kecil lubang diafragma tersebut. Jika kita terapkan pada mata kita, diafragma adalah pupil. Semakin besar diameter pupil atau diafragma, maka semakin banyak cahaya yang masuk dan semakin pendek jarak fokusnya. Semakin kecil diameter pupil atau diafragma makan semakin sedikit cahaya yang masuk dan sebakin panjang jarak fokusnya. Jika pada mata kita secara otomatis merespon objek didepan mata oleh perintah otak kita, maka pada kamera kita harus diatur terlebih dahulu.

 

Tapi Bagaimana membuat backgroun blur jika menggunakan HP/Ponsel ?

Cara membuat foto background blur menggunakan HP cukup susah karena tidak ada pengaturan untuk mengatur bukaan lensa pada HP.

Namun semua itu bisa kita buat dengan cara mendekatkan kamera pada objek. mengapa demikian?. Kerena bukaan atau diafragma pada lensa kamera HP sangat kecil. Jadi kita membutuhkan objek yang dekan dan mengambil auto fokus yang tersedia di HP kita. Dengan cara mendekatkan kamera HP kita ke objek yang kita foto maka akan menghasilkan background blur


Lalu Bagaimana Untuk ponsel yang tidak mempunyai auto focus

Anda dapat Mengakalinya dengan menggunakan Lensa tambahan
Lensa macro dan Lensbong
Dengan Lensa tambahan anda bisa membuat background blur 


Bagaimana Dengan Objek besar seperti manusia ?

Lagi-lagi ponsel anda perlu menggunakan lensa tambahan
Salah satunya Adalah Lensa Tele 

Lensa Tambahan Untuk Ponsel 


Tapi jika anda tidak mempunyai biaya untuk membeli Lensa tambahan anda bisa menggunakan aplikasi editing foto
Salah satunya adalah Picsart

Berikuat saya akan memberikan tutorial membuat background Blur menggunakan Picsart



 



 
before


after




Sangat mudah kan ? Anda bisa mencobanya sendiri
Untuk hasil tergantung tangan anda mengoprasikan aplikasi tersebut
semoga artikel ini membantu anda dalam keterbatasan alat

Sumber : Grup fotografi ponsel


Related Posts

Previous
Next Post »